It's my blog helpng you find your answer ?

Monday, December 5, 2011

Cara Menghilangkan hidung tersumbat (Flu)

Tips dan trik mengatasi hidung tersumbat

Tersiksa rasanya manakala kita sedang terkena flu atau pilek. Nafas pun akan terganggu dan menyebabkan sesak pada pernafasan. Penyebabnya tentu adalah hidung yang tersumbat karena cairan cairan yang dihasilkan dari hidung.
Nah kalau hal ini terjadi dan kita tidak sedang mempunyai obat pilek, maka ada cara yang sederhana yang bisa anda lakukan sebagai pertolongan awal untuk mengatasi idung tersumbat ini.

Salah satu cara pengobatan sementara yang paling baik, murah dan tanpa komplikasi adalah dengan menghirup uap. Untuk mengencerkan ingus dalam hidung dan rongga sinus dan melegakan penyumbatan, hiruplah uap panas.
Caranya, didihkan air dalam panci dan hirup uapnya selama beberapa menit. Hati-hati, jangan terlalu dekat karena dapat menyebabkan luka bakar pada kulit.
Kadang, saat menghirup uap ada yang menudungi kepalanya dengan handuk sehingga membentuk tenda. Cara ini juga bermanfaat untuk mencairkan dahak di dada. Mandi dengan pancuran air panas yang beruap juga dapat melegakan pernapasan.
Selain itu, perbanyak konsumsi air putih. Jika dalam kondisi normal Anda mengkonsumsi 6 hingga 8 gelas sehari maka ketika pilek maka sebaiknya Anda meningkatkan konsumsi air hingga 10 gelas. Air dapat menghanyutkan virus dari tubuh Anda dalam berbagai bentuk seperti keringat dan air seni.
Pilek merupakan gejala penyakit yang mempunyai tahapan yaitu tenggorokan, kepala dan dada. Namun tahapan itu tidaklah berurutan. Bisa saja Anda terkena terlebih dahulu pada bagian kepala atau tenggorokan.
Jika Anda terlebih dahulu terkena pada tenggorokan, maka Anda dapat berkumur dengan larutan garam panas untuk meringankan gejalanya. Anda hanya siapkan segela air panas (80 derajat Celsius) dan setengah sendok teh garam. Kemudian larutan garam tersebut pada air panas dan berkumurlah selama lima menit. Sesudah itu Anda disarankan jangan minum air dingin. Lakukan 3 kali sehari.
Jika Anda sudah berkumur larutan garam, kemudian Anda siapkan sapu tangan yang telah dibasahi air dingin kemudian taruh dalam kain flanel kemudian lilitkan pada leher seperti saat mengompres kepala.
Namun, jika pilek yang anda derita berawal dari sakit kepala yang tak kalah menyiksa, yang Anda perlu lakukan hanyalah merendam kaki dengan menggunakan air panas. Dengan begitu darah akan lancar ke kepala sehingga bisa menghilangkan rasa sesak.
Tapi jika dalam beberapa hari pilek dan flu anda belum sembuh segera hubungi dokter dan paramedis terdekat.

No comments:

Post a Comment