It's my blog helpng you find your answer ?

Wednesday, May 20, 2015

MITOS KOTA BALIKPAPAN

Kota balikpapan adalah sebuah kota yang letak di sebelah tenggara provinsi kalimantan timur. Sejarah kota balikpapan sendiri terbentuk dari zaman kolonial belanda yang pada saat itu adalah Dutch East Indie atau yang lebih populer dikenal sebagai Hindia Selatan.

Dari beberapa sumber informan yang saya temui disekitar rumah yang bisa dikatakan sebagai nenek / kakek. Kota Balikpapan menjadi kota minyak pertama di Indonesia setelah ditemukannya ladang minyak dikisaran wilayah selatan, sumur pertama yang ditemukan adalah sumur matilda yang terdapat pada persimpangan karang anyar yang dimonumenasikan dengan bentuk beberapa tabung, pipa, dan sebuah jam yang sudah aktif.

Era penjajahan jepang, Belanda yang meninggalkan kota melakukan pembakaran fasilitas kilang minyak hingga pada tahun 1940-an Balikpapan mengalami hujan salju berwarna hitam akibat kepulan asap hitam dari pembakaran minyak mentah. Beralih ke MITOS KOTA Balikpapan itu sendiri. Dalam permasalahan makhluk gaib, masyarakat kota balikpapan mungkin mengenal wilayah "jembatan gantung" , dan "rumah pembantaian".
Tapi ada lagi sebuah kisah yang diceritakan yang sangat jarang orang tahu, yaitu "tragedi chevron" dan "pembersihan anggota PKI" . Ya..... Mungkin anda baru mendengar peristiwa ini.

Tapi tahukah anda bagaimana wilayah perumahan chevron dikota balikpapan terbentuk? Menurut sumber informan saya yang telah berpulang ke Yang Maha Kuasa, dahulu sekitar tahun 1970-an. Banyak warga sekitar wilayah prapatan hingga sentosa yang ditangkap dengan jala melalui helikopter untuk dipenggal kepalanya dan dijadikan tumbal untuk pembangunan perumahan chevron. Penangkapan dilakukan pada waktu siang hari dimana banyak anak-anak yang bermain dihutan sekitaran prapatan dan sentosa. Peristiwa ini berlangsung hingga 2-3 kali dalam sebulan sampai pembangunan perumahan selesai. Korban yang telah meninggal kebanyakan dipublikasikan sebagai akibat dari ulah "petrus (penembak misterius) " yang pada saat itu sedang ramai terjadi diseluruh indonesia. mayat-mayat korban seringnya dibuang disungai hingga hanyut ke laut bina kutai. Sampai sekarang, belum banyak yang mengetahui atau mengklarifikasi kebenaran peristiwa ini. Sayangnya informan saya Alm. Nenek Sulastri tidak memiliki bukti yang cukup kuat untuk menguatkan kebenaran ceritanya.

Yang ke dua adalah "pembersihan anggota PKI".
Peristiwa ini terjadi tahun 1965 sampai tahun 1969. Sedikitnya 4000 orang yang diduga sebagai anggota PKI yang melarikan diri, ditangkap dan siksa hingga tewas untuk mencari informasi persembunyian Tan Malaka.
Para korban kebanyakan ditembak oleh anggota petrus, kemudian jasadnya dibawa dan dibakar agar tidak diketahui identitasnya. Warga yang geram akibat peristiwa "lubang buaya" pun menghakimi orang-orang yang diduga anggota PKI hingga tewas. Sama halnya dengan kasus pertama, jasad korban kebanyakan dibakar dan dibuang dipinggir jalan.

Pada peristiwa pertempuran perebutan wilayah jepang oleh inggris, setidaknya ada 11 kapal jepang yang karam diteluk balikpapan dan 3 kapal perusak destroyer inggris. 2000 lebih prajurit Australia yang tewas dipantai Bina Kutai hingga melawai, dan tewasnya ribuan prajurit jepang diwilayah lamaru. Masyarakat sekitar percaya bahwa laut diteluk balikpapan dihuni makhluk gaib dari peristiwa tersebut, hampir setiap tahun setidaknya ada 1-2 orang yang dilaporkan tewas akibat tenggelam tanpa sebab yang jelas. Korban kebanyakan anak-anak dan remaja. Setiap menjelang akhir tahun, sangat sedikit orang yang berenang dipantai sekitaran bina kutai, kepercayaan ini menguatkan sugesti masyarakat bahwa wilayah sekitar situ angker akibat tidak tenangnya arwah para tentara Australia yang dikuburkan dengan tidak layak dengan cara penguburan massal dibawah bundaran tugu Australia yang terletak dilapangan merdeka 2.

Terkadang warga yang bersantai dibatu karang, mendengar jeritan dan teriakan yang tidak dikatui pemiliknya. Wahyudi, warga markoni menyebutkan pernah melihat sesosok wanita berbaju putih yang terbang diatas batu karang dan menghilang setelah masuk kedalam laut pada waktu subuh. Penjual mie ayam dimelawai juga pernah melihat segerombolan prajurit asing yang berteriak dan berlarian menuju daratan dari laut saat ia hendak pulang berjualan. Saat melarikan diri ia melihat kebelakang dan tidak ada siapapun yang ada disana, seluruh prajurit yang dilihatnya hilang seperti ditelan bumi.
Pada gua tersembunyi yang ada dibawah pohon beringin perumahan pertamina bawah juga sering didengar orang yang teriak minta tolong, gua ini sendiri terletak di simpang 5 arah ke melawai. Letaknya dibelakang rumah nomor 2 dari pinggir jalan dan sudah tertutup akar pohon. Anda bisa mencoba mendatanginya jika tidak dimarahi security. Gua ini terhubung hingga ke pulau babi dimelawai.

Gua lain nya juga terdapat pada jalan menanjak diwilayah portal 2 perumahan pertamina dijalan minyak yang mengarah ke pelayaran disebelah kiri. Gua ini terhubung dengan gua dibukit atas LANAL Balikpapan, sayangnya gua ini ditutup dengan semen coor tahun 1997. Dari bentuk konstruksinya, diyakini bahwa dua gua tersebut merupakan gua buatan jepang karena rendahnya langit-langit pintu masuk gua dan terdapat labirin luas didalam gua itu sendiri.

Percaya atau tidak itu adalah hak anda, tapi anda bisa membuktikannya dengan mencari gua-gua tersebut menurut informasi yang telah saya beritahukan.

No comments:

Post a Comment